Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi yang Menyebabkan Nyeri Sendi Lutut




Biaya operasi TKR memang cukup mahal namun tindakan operasi ini memiliki manfaat yang sangat baik terutama bagi mereka yang mengalami gangguan sendi lutut yang sudah parah dan tidak bisa diperbaiki lagi. TKR atau Total Knee Replacement merupakan operasi yang dilakukan untuk mengganti bantalan sendi lutut menjadi bantalan palsu yang dibuat dari bahan besi.

Operasi TKR bukanlah jenis operasi yang sederhana. Meskipun rumit, namun operasi ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Operasi ini menjadi solusi terbaik bagi anda yang mengalami gangguan sendi lutut. Sendi lutut yang sudah tidak bisa bekerja normal seperti seharusnya dan tidak bisa diperbaiki lagi perlu segera ditindak melalui operasi TKR.

Sendi lutut bisa disebut sebagai bagian sendi yang penting dari tubuh kita. Sendi lutut menjadi pusat pergerakan tubuh dan menjadi titik penting bagi kita untuk beraktivitas. Namun, sendi lutut juga merupakan bagian dari tubuh yang rawan mengalami gangguan. Sendi lutut bisa dengan mudah mengalami cedera dan tidak bisa berfungsi normal lagi.

Penyebab Nyeri Sendi lutut
Ketika terjadi gangguan pada sendi lutut, maka penderita akan merasakan nyeri pada bagian lutut. Nyeri ini bisa disertai dengan sensasi panas bahkan lutut bisa menjadi bengkak. Jika nyeri terus berlanjut bisa jadi anda harus menjalani Total Knee Replacement dan harus menanggung biaya operasi TKR yang tidak murah. Kondisi nyeri pada lutut ini bisa terjadi karena berbagai sebab. Apa saja itu?

Berikut adalah beberapa penyebab munculnya nyeri pada sendi lutut :


     1.    Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu penyebab munculnya nyeri pada sendi lutut. Sendi lutut bisa mengalami gangguan karena menyangga beban yang terlalu berat. Oleh karena itu, jika anda ingin menjaga kesehatan lutut anda, sebaiknya anda mengendalikan berat badan anda ke angka normal.

     2.    Aktivitas yang Berlebihan

Nyeri lutut juga bisa terjadi karena aktivitas yang berlebihan. Jika anda beraktivitas melebihi kemampuan tubuh anda maka sendi lutut bisa mengalami gangguan. Kondisi ini bisa bertambah parah jika anda terus memaksa diri untuk beraktivitas melebihi kapasitas.

     3.    Pola Makan yang Salah

Pola makan yang salah juga bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri pada sendi lutut anda. Sebaiknya, anda mengonsumsi makanan yang sehat agar nutrisi yang diterima oleh tulang maupun otot-otot tubuh anda bisa maksimal dan kesehatan persendian bisa terjaga dengan baik.

     4.    Trauma

Trauma juga bisa menyebabkan munculnya gangguan dan rasa nyeri pada sendi lutut. Trauma bisa terjadi karena berbagai hal seperti benturan dengan benda keras, keseleo, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pastikan anda selalu berhati-hati saat beraktivitas untuk menghindari terjadinya trauma pada sendi lutut anda.

Itulah tadi 4 penyebab nyeri pada sendi lutut. Bagi anda yang sering merasakan nyeri pada sendi lutut, sebaiknya anda konsultasikan kondisi anda tersebut kepada dokter yang berpengalaman. Jika memang dibutuhkan tindakan Total Knee Replacement maka anda bisa segera menyiapkan biaya operasi TKR sedini mungkin.

Posting Komentar untuk "Kondisi yang Menyebabkan Nyeri Sendi Lutut"