Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Accounting Software Indonesia


Accounting Software Indonesia memiliki berbagai fungsi yang sangat penting untuk anda ketahui. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi yang akan membantu memudahkan perusahaan agar bisa mengelola keuangan dengan baik.

Fungsi dari inventory

Inventory adalah suatu aset yang terdapat di dalam perusahaan, baik dalam bentuk barang yang sedang diproses (manufakturing) atau barang yang masih dimiliki perusahaan. Dibagi menjadi tiga kelompok, yang pertama persediaan bahan baku, kedua persediaan dalam proses, dan ketiga persediaan barang jadi. Di dalam accounting software memiliki salah satu menu gudang. Selain itu terdapat juga informasi mengenai inventory yang bisa diisi hingga di monitor langsung oleh perusahaan.

Fungsi dari neraca keuangan

Neraca adalah suatu laporan yang sudah dihasilkan pada periode akuntansi tertentu dan sudah memperlihatkan posisi keuangan di setiap akhir periode tersebut. Fungsi Accounting Software Indonesia dari neraca keuangan ini adalah menyediakan segala informasi secara mendalam mengenai laporan keuangan dari perusahaan dengan menampilkan secara mendetail mengenai debit dan kredit perusahaan.

Fungsi purchasing/pembelian

Proses purchasing/pembelian adalah proses pencarian bahan atau sumber dari produksi supaya membantu berbagai kegiatan produksi perusahaan/bisnis tersebut. Biasanya, dalam proses pembelian dibutuhkan adanya suatu form pembelian sebagai bukti otentik yang terdapat di dalam dokumen pembelian perusahaan. Biasanya, accounting software secara otomatis telah menyediakan fungsi yang satu ini supaya bisa mengatur format pembelian order untuk memudahkan laporan pembelian perusahaan.

Fungsi dari penjualan

Tahukah anda bahwa fungsi penjualan ini adalah fungsi yang paling penting dalam proses keuangan perusahaan. Bukan hanya akan menampilkan detail produk daja, tetapi fungsi dari penjualan ini juga bisa menampilkan secara mendetail diskon, pajak, hingga pembatalan (void). Biasanya, untuk jenis perusahaan yang memang bergerak di bidang retail modern seperti swalayan, di dalam accounting software, fungsi penjualan akan berbentuk Point of Sale yang memang terdapat di dalam sistem komputer kasir.

Semoga berbagai ulasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai Accounting Software Indonesia. Baca juga ini : Mengetahui manfaat accounting software.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Accounting Software Indonesia"